Cara Mengatasi Error 5100 Pada Printer Canon

Printer Canon yang dipasangi infus sering mengalami kerusakan, bahkan meskipun printernya masih baru. Khususnya untuk printer canon MP287, kesalahan yang paling sering adalah saat mencetak, kertas baru masuk ke dalam printer tiba-tiba keluar pesan error 5100 pada layar komputer dan proses pun berhenti.

Error 5100 pada printer Canon disebabkan oleh cartridge yang tidak terdeteksi oleh printer. Khusus untuk printer yang memakai infus, kemungkinan besar error 5100 disebabkan oleh selang infus yang kurang terpasang rapi sehingga menghalangi pergerakan cartridge. 

Cara memperbaiki error 5100 adalah dengan membuka penutup printer dan kemudian merapikan selang infus. Dalam hal ini, Anda harus mengetes pergerakan cartridge dulu dengan menggeser-geserkan cartridge dengan tangan Anda dan memeriksa apakah selangnya tidak lagi mengganggu waktu Anda menggeser cartridge. Setelah Anda merasa letak dan panjang selang infus di dalam printer sudah pas, lekatkan selangnya dengan selotip pada tempat tertentu yang kira-kira tidak membuat pergerakan cartridge terganggu. Setelah itu, tutup printer Anda dan hidupkan. Biasanya printer Anda tidak akan menampilkan pesan error lagi.

Cara ini sebenarnya umum untuk mengatasi error 5100 pada printer Canon tipe apa saja. Jadi, untuk printer Canon IP2770 maupun MP258 cara ini bisa saja Anda terapkan. Selamat mencoba.
Title: Cara Mengatasi Error 5100 Pada Printer Canon; Written by ismi aprial; Rating: 5 dari 5