Tips Mengatasi Komputer yang Lambat

Sebagai manusia normal pemakai komputer, kita ingin komputer yang kita pakai memiliki loading dan proses yang cepat. Tapi seringkali kita dibuat jengkel oleh komputer kita yang prosesnya ketika dihidupkan kita harus menunggu 1 jam (lama kali ya :) ), begitu komputer di shut down harus nunggu 2 jam (lebih lama lagi?), atau membuka program harus menunggu 3 jam (apa2an ini ?). Tentu saja kita tidak mengharapkan hal tersebut terjadi bukan?

Ada beberapa hal yang menyebabkan komputer lambat versi saya :), tapi kita hanya akan bahas yang menurut saya adalah seringkali jadi penyebab utamanya. Penyebabnya adalah program-program yang ada (terinstal) di komputer kita. 

Banyak program yang kita instal di komputer, running sendiri (otomatis), tanpa kita sadari. Pada saat kita kita menghidupkan komputer (start up), prosesor akan memuat (mencari) dulu bagian dari program-program tadi dan menjalankannya. Untuk hal itu, bila terlalu banyak program yang harus di load otomatis, akan butuh waktu agak lama agar komputer baru bisa di pakai.

Selain itu, bila kita meng-uninstal sebuah software, di registry windows masih akan ada data-data dari software tersebut yang tersisa dan katakanlah hanya jadi sampah yang perlu untuk dibersihkan.
Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal-hal di atas untuk meningkatkan kecepatan komputer kita yang mulai lambat, beberapa di antaranya sebagai berikut:

1. Instal lah software-software yang diperlukan saja pada komputer Anda. Untuk software yang jarang sekali, atau bahkan tidak digunakan lebih baik tidak di instal kan dulu di komputer, kalau sudah terinstal, maka un-instal kan saja software tersebut. Bila suatu saat Anda membutuhkan software tersebut baru instal di komputer Anda.

2. Kurangi / matikan program yang running (jalan otomatis) saat komputer dihidupkan (start up) bila memang tidak terlalu penting. Cara melihat program-program yang jalan otomatis, klik menu start pada windows. Kemudian klik run, dan ketik msconfig. Akan muncul kotak dialog System Configuration Utility. Klik tab Startup.


Hilangkan tanda checklist pada program-program yang Anda anggap tidak atau kurang penting. Misalnya seperti yang saya kasih tanda merah pada gambar. Bila tanda checklist tersebut dihilangkan, program tersebut tidak akan di load secara otomatis lagi ketika komputer dihidupkan. Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk meminta Anda merestart komputer Anda, maka klik restart.

3. Pakai anti virus tidak lebih dari 2. Kalau saya, saya memakai AVG sama Smadav. Ada baiknya, agar komputer Anda tidak lambat akibat dari anti virus, non-aktifkan aja schedule (jadwal) scan otomatis dari antivirus tersebut. Semuanya tergantung dari anti virus yang Anda pakai.

4. Untuk pengguna laptop atau komputer yang ada driver wireless (wi fi) dan LAN yang terinstal pada bagian task bar ada logo seperti gambar berikut. Hemat saya, kalau Anda tidak sedang perlu menggunakan koneksi internet, sebaiknya wifi dan LAN nya anda disable, karena saat komputer dihidupkan driver wi fi dan LAN akan otomatis mencari koneksi sehingga membuat komputer loadingnya lebih lama.


Cara men disable-nya, klik start, control panel, dan kemudian klik network connection 


Klik kanan pada logo yang saya kasih tanda merah, pilih disable. Bila Anda nantinya ingin menggunakan koneksi internet, anda tinggal masuk lagi ke network connection, klik kanan, dan pilih enable.
 
4. Gunakan software utility untuk membersihkan sampah pada komputer Anda. Kalau saya, saya menggunakan software CCleaner yang bisa di download di www.ccleaner.com. Instalkan software-nya, dan kemudian buka. Tampilannya adalah seperti gambar berikut:


Klik analyze dan setelah selesai prosesnya klik Run Cleaner.
Kemudian klik gambar Registry yang ada di sebelah kiri. Klik Scan for issue, dan setelah itu klik fix selected issues. Bila muncul kotak dialog untuk back-up registry silahkan diabaikan karena hal ini tidak berbahaya bagi komputer Anda. 

Bila Anda ingin meng-uninstal software tinggal klik gambar Tools, akan tampak program-program yang terinstal dikomputer Anda. Klik program yang ingin Anda un-instal dan klik Run unistaller.

Tidak ada salahnya Anda sering memakai CCleaner ini, paling tidak setiap 3 hari, agar komputer Anda bersih (softwarenya, bukan debunya). 

Ya, mungkin segitu dulu tips dari saya. Semua ini hanya pengalaman saya pribadi. Nama, tempat, dan kejadian hanyalah kebetulan belaka. Kalau memang komputer Anda sudah keterlaluan lambatnya, pilihan terbaik sepertinya harus di instal ulang...
Sekian dari saya, wassalam.... :)



Title: Tips Mengatasi Komputer yang Lambat; Written by ismi aprial; Rating: 5 dari 5